The Most Influential Message


Gue adalah orang yang kurang suka membaca buku tebal dengan dipenuhi oleh tulisan tanpa adanya gambar, namun suatu saat gue dirokemendasikan oleh seorang sahabat gue untuk membaca sebuah buku yang cukup terkenal yaitu buku harian Anne Frank atau biasanya dikenal dengan“The Diary of A Young Girl”. 



Saat ini Anne Frank adalah seorang tokoh yang sudah banyak dikenal dengan kisah hidupnya yang bisa dibilang sangat mengharukan dan juga sebagai salah satu bukti tentang Holocaust. Kisah Anne Frank yang gue baca dari buku ini beserta foto-foto yang ada didalamnya sangat membuat hati gue terenyuh saat membacanya. Mungkin bagi yang belum tau tentang buku ini, gue akan bercerita sedikit tentang kisah yang terdapat pada buku tersebut. Dalam buku tersebut Anne Frank menulis buku hariannya bahwa ia merupakan seorang gadis yahudi berumur 13 tahun yang hidup pada masa perang dunia II dan melakukan persembunyian saat penjajahan Nazi dengan banyak penderitaan dibawah kepemimpinan Hitler.

Awalnya Anne Frank adalah seorang remaja biasa yang hidup bahagia dengan kelurganya namun kebahagiaan Anne Frank pun seketika berhenti saat kedatangan Jerman yang merengut semua kehidupan orang Yahudi dengan peraturan-peraturan yang diterapkan oleh Jerman untuk orang Yahudi pada saat itu. Lalu keluarga Anne Frank melakukan persembunyian untuk menghindari pembantain bangsa Yahudi. Mereka tinggal disebuah loteng dengan jumlah 7 orang di loteng tersebut sekitar 2 tahun lamanya tanpa keluar sama sekali, mengalami kelaparan dan hidup dengan tekanan lainnya diruang yang sangat terbatas tersebut. Hingga akhirnya ia dikhianati oleh seseorang didalam loteng tersebut lalu ditangkap dan ditahan oleh polisi Jerman. Hanya Ayahnya yaitu Otto Frank yang selamat dan Anne Frank diduga meninggal terkena wabah tipus yang menyebar didalam tahanan.

Pada initnya buku tersebut dengan jelas menceritakan semua perjuangan Anne Frank sebagai bangsa Yahudi untuk mempertahankan kehidupannya yang kisah tersebut ia tulis dalam buku hariannya. Dapat dilihat dalam buku tersebut menunjukan adanya harapan dan semangat untuk bertahan hidup atas semua masalah yang dihadapi. Selain itu, terlihat juga dibandingkan dengan orang yang lebih dewasa lainnya, ia memiliki rasa tidak pantang menyerah atas situasi yang dijalani dan dapat menerima apa yang sedang terjadi walaupun ia merupakan orang yang paling muda saat ditempat persembunyiannya. Hal-hal tersebut yang dapat menginspirasi dan menyentuh hati gue sebagai pembaca buku tersebut. Pesan yang terdapat dalam buku ini selalu mengingatkan gue untuk bersyukur, menjalani kehidupan dengan semangat, dan penuh keberanian menghadapi masalah. kisah ini juga mengajarkan gue bahwa adanya kasih sayang dan cinta, begitu pula dengan persahabatan, kebersamaan dan kekeluargaan yang akan membuat kita kuat. 



Comments

Popular Posts