"Buka aja, Bukalapak"

Dari sekian banyaknya iklan yang dibuat oleh Bukalapak, gue akan menganalisa salah satu iklan Bukalapak yang menurut gue cukup menarik. Dalam video iklan Bukalapak yang berdurasi satu menit ini menceritakan seorang laki-laki yang baru saja membuka pintu kamarnya lalu ia diberi kejutan ulang tahun oleh teman-teman kantornya. Namun, laki-laki tersebut ‘menawar’ umurnya yang ke25 tahun agar dikurangi, pada akhirnya terjadi berbagai adegan  tawar menawar yang dilakukan dengan lucu dan menarik hingga mendapat kesepakatan yang membahagiakan semua pihak, yang dalam konteks video ini adalah umur.

Dalam penggambaran iklan ini menggunakan penggambaran konsep yang bukan makna atau arti sebenarnya, pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini dikemas atau dibuat secara tidak langsung bahkan dalam sebuah cerita atau peristiwa yang seharusnya tidak dapat dilakukan negosiasi. Maksud dari iklan ini sebenarnya ingin mempromosikan fitur yang terdapat di Bukalapak yaitu fitur nego bahwa harga dalam Bukalapak dapat dinego , namun divisualisasikan dengan orang yang menego umurnya dengan hanya menggunakan kalimat percakapan orang yang sedang melakukan negosiasi, sehingga membuat iklan ini menarik dan dijelaskan pula diakhir video dengan sebuah kalimat “Semua bisa dinego di Bukalapak, tinggal pakai fitur nego, langsung nego, nego terus sampai dapat” dari kalimat itupun sangat sesuai dengan konsep yang dibuat bahwa semua bisa dinego bahkan hal yang seharusnya tidak untuk dinego dan dapat dinego sampai kesepakatan angka yang diinginkan. Penggunaan bahasa yang digunakan dalam iklan ini merupakan kata-kata yang pada umumnya dilakukan saat orang melakukan tawar menawar dalam semua latar belakang atau kalangan, terlihat dari adanya tawar menawar dengan teman-temannya, pengantar barang, orang china hingga ibu-ibu menggunakan daster, dengan ciri bahasa yang berbeda. Iklan ini dideskripsikan dengan menggunakan makna konotatif dan membuat kita sedikit berfikir, tetapi cukup jelas dan mudah untuk kita mengerti makna sebenarnya. Lalu, iklan Bukalapak tersebut diakhiri dengan slogan utama dari Bukalapak itu sendiri yaitu “Buka aja, Bukalapak”.



Comments

Popular Posts